RAHMAWATI, IMMA ROKHIMA (2022) LITERASI MATEMATIS DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERORIENTASI KEMAMPUAN 4C. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
IMMA ROKHIMA RAHMAWATI_PM_AB2022.pdf Download (161kB) |
|
Text
IMMA ROKHIMA RAHMAWATI_BAB 1_PM2022.pdf Download (797kB) |
|
Text
IMMA ROKHIMA RAHMAWATI_BAB 2_PM2022.pdf Download (1MB) |
|
Text
IMMA ROKHIMA RAHMAWATI_BAB 3_PM2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mathematical habits of mind peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berorientasi kemampuan 4c, dan mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika berorientasi kemampuan 4c. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan wawancara. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Pacitan tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 32 peserta didik dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket mathematical habits of mind dan tes literasi matematis berorientasi kemampuan 4c. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik MTs Negeri 1 Pacitan menghasilkan data yaitu 31% peserta didik memiliki mathematical habits of mind tinggi, 31% peserta didik memiliki mathematical habits of mind sedang dan 38% peserta didik memiliki mathematical habits of mind rendah, maka didapatkan jumlah partisipan pada kategori rendah lebih banyak dari pada kategori tinggi dan sedang. Berdasarkan analisis hasil jawaban dan wawancara dapat diketahui bahwa peserta didik dengan kategori mathematical habits of mind rendah, sedang dan tinggi mempunyai ketercapaian indikator literasi matematis yang berbeda-beda. Indikator yang belum memenuhi indikator literasi matematis yaitu menginterpretasikan situasi secara matematis, menggunakan variabel, dan simbol, dan menggunakan konsep-konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran dengan benar. Pada Mathematical habits of mind rendah peserta didik mampu menggunakan kemampuan komunikasi dan kemampuan kolaborasi, kemudian peserta didik dengan mathematical habits of mind sedang mampu menggunakan kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan kolaborasi. Sedangkan peserta didik dengan mathematical habits of mind tinggi mampu menggunakan kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan kolaborasi. Kata kunci: Kemampuan 4C, Literasi Matematis, Mathematical Habits of Mind
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Matematika | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2022 05:57 | |||||||||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 07:37 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/898 |
Actions (login required)
View Item |