SULISTYANINGSIH, PRIMA (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK SISWA KELAS XI PADA MATERI MATRIK. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_PM_AB2022.pdf Download (111kB) |
|
Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_PM_AR2022.pdf Download (513kB) |
|
Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_BAB 1_PM2022.pdf Download (1MB) |
|
Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_BAB 2_PM2022.pdf Download (1MB) |
|
Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_BAB 3_PM2022.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matrik pada kategori kesulitan rendah. 2) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matrik pada kategori kesulitan sedang. 3) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matrik pada kategori kesulitan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 1 kelas yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, dimana peneliti menyelidiki secara cermat peristiwa kesulitan belajar yang terjadi pada siswa. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik pengumpulan data angket, tes, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang dikemukakan oleh Miles & Huberman yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verificotion (penarikan kesimpulan dan verifikasi).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket kesulitan belajar, dan tes uraian materi matrik serta pedoman wawancara untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori kesulitan rendah mengalami semua tipe kesalahan krulik dan rudnick namun yang paling banyak dialami adalah tipe kesalahan read and think. 2) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori kesulitan sedang mengalami semua tipe kesalahan krulik dan rudnick namun yang paling banyak dialami adalah tipe kesalahan reflecft and extend. 3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori kesulitan rendah mengalami semua tipe kesalahan krulik dan rudnick namun yang paling banyak dialami adalah tipe kesalahan reflect and extend. Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Krulik dan Rudnick, Hasil Belajar Matematika Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Krulik dan Rudnick, Hasil Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Matematika | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 27 Oct 2022 06:10 | |||||||||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2022 02:38 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/900 |
Actions (login required)
View Item |