ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK SISWA KELAS XI PADA MATERI MATRIK

SULISTYANINGSIH, PRIMA (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI KRULIK DAN RUDNICK SISWA KELAS XI PADA MATERI MATRIK. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_PM_AB2022.pdf

Download (111kB)
[img] Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_PM_AR2022.pdf

Download (513kB)
[img] Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_BAB 1_PM2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_BAB 2_PM2022.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PRIMA SULISTYANINGSIH_BAB 3_PM2022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : 1) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matrik pada kategori kesulitan rendah. 2) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matrik pada kategori kesulitan sedang. 3) kesulitan siswa dalam mengerjakan soal matrik pada kategori kesulitan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS sebanyak 1 kelas yang berjumlah 13 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus, dimana peneliti menyelidiki secara cermat peristiwa kesulitan belajar yang terjadi pada siswa. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik pengumpulan data angket, tes, observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data yang dikemukakan oleh Miles & Huberman yaitu dengan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verificotion (penarikan kesimpulan dan verifikasi).Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen angket kesulitan belajar, dan tes uraian materi matrik serta pedoman wawancara untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori kesulitan rendah mengalami semua tipe kesalahan krulik dan rudnick namun yang paling banyak dialami adalah tipe kesalahan read and think. 2) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori kesulitan sedang mengalami semua tipe kesalahan krulik dan rudnick namun yang paling banyak dialami adalah tipe kesalahan reflecft and extend. 3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada kategori kesulitan rendah mengalami semua tipe kesalahan krulik dan rudnick namun yang paling banyak dialami adalah tipe kesalahan reflect and extend. Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Krulik dan Rudnick, Hasil Belajar Matematika Kata Kunci: Kesulitan Siswa, Krulik dan Rudnick, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
UNSPECIFIEDMULYADI, MULYADImulyadipacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDAPRIYANI, DWI CAHYANI NURyaa_latif09@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 27 Oct 2022 06:10
Last Modified: 23 Nov 2022 02:38
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item