FATONY, ANGGIT DWI (2022) ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM NOVEL SANG KERIS KARYA PANJI SUKMA. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.
Text
ANGGIT DWI FATONY_PBSI_AB2022.pdf Download (110kB) |
|
Text
ANGGIT DWI FATONY_PBSI_AR2022.pdf Download (305kB) |
|
Text
ANGGIT DWII FATONY_BAB 1_PBSI2022.pdf Download (821kB) |
|
Text
ANGGIT DWII FATONY_BAB 2_PBSI2022.pdf Download (945kB) |
|
Text
ANGGIT DWII FATONY_BAB 3_PBSI2022.pdf Download (895kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wujud budaya dan nilai budaya yang terdapat pada Novel Sang Keris Karya Panji Sukma. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitiannya adalah Novel Sang Keris Karya Panji Sukma. Objek penelitian ini adalah wujud dan nilai budaya dalam Novel Sang keris Karya Panji Sukma.Metode pengumpulan data diperoleh dari teknik pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara mengkaji, meneliti, menyelidiki, dan menganalisis Hasil analisis data menyimpulkan bahwa wujud budaya terdiri dari tiga wujud yaitu: 1) wujud budaya gagasan; 2) wujud budaya aktivitas; 3) wujud budaya artefak. Sedangkan, nilai budaya terdiri dari tujuh macam yaitu: 1) nilai budaya sistem bahasa; 2) nilai budaya sistem pengetahuan; 3) nilai budaya sistem kemasyarakatan; 4) nilai budaya sistem peralatan hidup dan teknologi; 5) nilai budaya sistem mata pencaharian hidup; 6) nilai budaya sistem religi; 7) nilai budaya sistem kesenian. Kata Kunci: Novel, Nilai, Budaya, Keris.
Item Type: | Thesis (Other) | |||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||||||||
Divisions: | Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia | |||||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Yusron Afif | |||||||||||||||
Date Deposited: | 01 Nov 2022 02:20 | |||||||||||||||
Last Modified: | 23 Nov 2022 02:52 | |||||||||||||||
URI: | http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/992 |
Actions (login required)
View Item |