Implikasi Pembelajaran Berbasis WhatsApp dan Google Form terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Tambakrejo Tahun Pelajaran 2020/2021

NURVITA, ELLA (2021) Implikasi Pembelajaran Berbasis WhatsApp dan Google Form terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Tambakrejo Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
ELLA NURVITA_PGSD_AB2021.pdf

Download (671kB)
[img] Text
ELLA NURVITA_PGSD_CEK PLAGIASI.pdf

Download (657kB)
[img] Text
ELLA NURVITA_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis WhatsApp dan Google Form, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran berbasis WhatsApp dan Google Form, 3) Mendeskripsikan hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis WhatsApp dan Google Form, 4) Mendeskripsikan solusi yang dilakukan oleh pihak guru dan sekolah dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pembelajaran berbasis WhatsApp dan Google Form kelas V SD Negeri 1 Tambakrejo tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April-Juni 2021. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V. Pengumpulan data diambil melalui wawancara, observasi, dan tes. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui siswa dan guru wali kelas V. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan pembelajaran berbasis WhatsApp dan Google Form belum maksimal. Poin-poin seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup tidak dilaksanakan sebagaimana mestinya; 2) Hasil belajar siswa menunjukkan hasil yang baik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tes siswa dengan rata-rata kelas 86,33 dengan 1 siswa yang belum memenuhi KKM; 3) Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring berasal dari siswa dan guru. Faktor penghambat dari segi siswa adalah kesulitan memahami materi, kepemilikan smartphone, kuota, serta pengaruh eskternal lainnya. Sedangkan faktor dari segi guru adalah kesulitan dalam memberikan nilai yang objektif; 4) Solusi yang telah dilakukan yaitu dengan melaksanakan pembelajaran tatap muka seminggu 3 kali dan bertempat diluar lingkungan sekolah dengan memperhatikan prokes dan social distancing. Kata Kunci: Pembelajaran, WhatsApp, Google Form

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOSugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
UNSPECIFIEDSUGIYONO, SUGIYONOSugiyonopacitan@gmail.com
UNSPECIFIEDHIDAYAT, TAUFIKetaufik87@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 22 Aug 2021 05:01
Last Modified: 02 Mar 2022 07:24
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/432

Actions (login required)

View Item View Item