Analisis Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas 4 SD N 1 Wonodadi Wetan 1

DEWO, DWI CAHYONO (2021) Analisis Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas 4 SD N 1 Wonodadi Wetan 1. Other thesis, STKIP PGRI PACITAN.

[img] Text
DWI CAHYONO DEWO_PGSD_AB2021.pdf

Download (415kB)
[img] Text
DWI CAHYONO DEWO_PGSD_CEK PLAGIASI-.pdf

Download (583kB)
[img] Text
DWI CAHYONO DEWO_BAB 123_PGSD2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui penggunaan media video yang digunakan dalam pembelajaran pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Wonodadi Wetan, (2) untuk mengetahui penggunaan media video untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas IV SDN 1 Wonodadi Wetan, (3) untuk mengetahui hambatan dalam penggunaan media video untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kelas IV SDN 1 Wonodadi Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas IV sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan media video untuk meningkatkan motivasi belajar. Tempat penelitian di rumah guru kelas IV SD N 1 Wonodadi Wetan, Kecamatan Ngadirojo dengan jumah 7 siswa yang terdiri dari satu kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video menggunakan beberapa perangkat secara luring. Penggunaan media video secara luring menggunakan LCD proyektor maupun televisi dengan pemutaran kaset. Pada proses pembelajaran, peserta didik diputarkan video tentang materi pelajaran, kemudia peserta didik dapat mereview dengan mudah dengan melihat secara langsung kejadian dalam video. Penggunaan media video untuk meningkatkan motivasi belajar disimpulkan mendapatkan respon yang baik. Media video yang mempunyai keunggulan audio visual dapat memberikan efek pembeda dalam pembelajaran. media video sendiri dapat digunakan pada pembelajaran luuring maupun daring sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Terdapat hambatan yang mempengaruhi penggunaan media video dalam proses pembelajaran. Hambatan yang paling utama adalah kurang sarana dan prasarana yang memungkinkan penggunaan media video agak lama dalam pengoperasian karena harus menyiapkan peralatan secara mendadak. Kata Kunci : Media Video, Motivasi Belajar, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDERVIANA, LINAlinaerviana27@gmail.com
UNSPECIFIEDAL FATH, AYATULLAH MUHAMMADINayatullah200289@gmail.com
UNSPECIFIEDARDHYANTAMA, VITvit.10276@gmail.com
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Yusron Afif
Date Deposited: 29 Aug 2021 00:28
Last Modified: 02 Mar 2022 07:23
URI: http://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/572

Actions (login required)

View Item View Item